Sabtu, 13 Agustus 2016

Prof. Handry Imansyah, MAM. Ph.D


 

 Muhammad Handry Imansyah, para mahasiswa dan rekan sejawat biasa memangiilnya dengan pak Handry. Lahir di Banjarmasin pada tanggal 1 April 1960 dalam lingkungan keluarga akademik. Bapaknya dr. Hanafiah merupakan salah satu dokter kenamaan di Banjarmasin. 
Kecendrungannya pada studi ekonomi dimulai dengan menempuh studi di Bachelor of Science in Agricultural Economics pada FE UGM Yogyakarta. Tak Cukup hanya disitu, beliau terus melanjutkan studinya di Economics and Develompment Studies pada FE UGM. 
Bekerja sebagai dosen di jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan semakin memantapkannya untuk meneruskan studi ilmu ekonomi, S2 di Australia dan S3 di Amerika Serikat. 
Kiprah Handry yang pernah menjabat ketua jurusan di jurusan IESP untuk bidang penelitian dan pengabdian masyarakat sangatlah banyak. Beliau banyak melalukan penelitian yang dipublikasikan di jurnal dalam dan luar negeri.

Beliau juga banyak melakukan kerjasama penelitian dengan pemerintah pusat dan berbagai pemerintah daerah dalam kerangka perencaan dan pembangunan daerah. Dan yang terpenting hasil penelitian dan pemikirannya tak sedikit dituangkannya dalam bentuk buku yang tentu saja sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan, praktisi dan pemegang kebijakan.

Diantara buku-buku yang telah terbit dan di pasarkan secara nasional berjudul diantaranya berjudul "Krisis Keuangan di Indonesia" dan buku berjudul "Sistem Pendeteksian Dini Krisis Keuangan di Indonesia"

Untuk buku ini biarlah kita simak bagaimana A. Tony Prasetiantono, Ph.D (Dosen FEB UGM dan Chief Economist BNI) memberikan komentar:
"Buku ini sangat mengasyikkan, terbit pada saat yang tepat, yakni saat kita terbengong-bengong dan meraba-raba mengenai apa yang sedang terjadi dan apa saja kesalahan yang dilakukan di masa lalu (what went wrong?), sehingga terjadi krisis financial sedasyat ini. Buku ini tampil dengan framework yang kuat dan bagus, menawarkan pada kita analisis yang tajam dan membantu kita memahami krisis finasial, yang bagi banyak orang kadang diibaratkan seperti melihat sumur yang tidak ada dasarnya. Sulit menebak, dimanakah ujung malapetaka ini".


 Untuk bidang pengajaran selain aktif mengajar di jurusan IESP FEB unlam beliau juga sering diundang untuk mengajar sebagai dosen tamu di berbagai perguruan tinggi di pulau Jawa seperti Universitas Mercubuana dan Universitas Syarif Hidayatullah dll 

Sempat menjadi staf ahli dari Anggito Abimanyu (saat  Anggito menjadi staf ahli Menteri Keuangan) membuat keilmuan dan pengalamannya berkontribusi bagi pembangunan ekonomi di Indonesia.
Tentu kelimuan dan pengalamannya menjadi kebanggaan bagi jurusan Magister Ilmu Ekonomi FEB ULM dan Daerah Kalimantan Selatan karena sangat jarang ada dosen lokal yang memiliki kiprah global seperti beliau..Terus berkarya pak....


CURRICULUM VITAE
Muhammad Handry Imansyah
Cellular Phone: +628151840364; 081210481729
Current Occupation
·       Senior Lecturer, Faculty of Economics and Business, Lambung Mangkurat University.
·       Economist of the Ministry of Finance, Republic of Indonesia, since 2012- now.
Education
·       Ph. D. in Economics, Department of Economics, The University of Queensland, Australia. Degree was awarded on 3 December 2002.
·       Master in Agribusiness Management, Department of Agricultural Economics, Mississippi State University, USA, 7 August 1992.
·       Sarjana in Economics and Development Studies, Faculty of Economics, Gadjah Mada University, Yogyakarta, INDONESIA, 4 November 1985.
·       Bachelor of Science in Agricultural Economics, Faculty of Economics, Gadjah Mada University, Yogyakarta, INDONESIA, 6 June 1983.

Expertise and Research Interest:
·   Public Economics and Decentralization
·   Macroeconomic Policy
·   Financial and Economic Feasibility Study
·   Environmental Economics
·   Input-Output Analysis
·   Early Warning System Modeling for Financial Crisis

Publications
Journals (some selected papers)
·           Impact of Global Financial Crises on the Indonesian Economy: An Input-Output Analysis, in China – USA Business Review, pp. 1537-1514, Vol.13, No.9, 2014.
·           The Impact of Local Government Proliferation to the Welfare and Public Services, in Jurnal Ekonomi dan Moneter (in Bahasa Indonesia),  Vol 16 No. 2, 2013, main author with Syahrituah Siregar and Muzdalifah.
·           The Key Sectors in CO2 Emission in Indonesia: Input Output Analysis, in International Journal of Administrative Science & Organization, Volume 20, Number 1, 2013, first author with Titi Muswati Putranti, Dean Yuliandri Affandi, Nidaan Khafian, and Maria Tambunan.
·           An Experiment of GDP Estimation and Slow Down Signal Model for Indonesia: An Artificial Neural Network Approach, in Jurnal Perbankan dan Keuangan, Vol 13 No. 1, June 2011, main-author with Suryani, Nurhidayat and Muzdalifah.
·           Forecasting Financial Crises by Applying the “Temple Model of Financial Crises” Against the Background of the Indonesian Experience, in Economics and Finance in Indonesia  Vol. 55 no. 3 2009, main-author with Armin F. Kammel.
·           Forecasting Potential Risk of Crisis or Instability in Financial Sector: An Artificial Neural Network Approach main-author with Cungki Kusdarjito in Financial Stability Report No. 13 September 2009, Bank Indonesia.
·           Detecting Banking Crisis in Indonesia with an Experiment of Signal Model (in Bahasa Indonesia), in Jurnal Perbankan dan Keuangan, June 2009.

Books, Chapters in Books
Ø  Measuring the Effectiveness of Regional Fiscal Policy, in Policy Brief Regional Economist 2014, Editor: Moh. Firdaus Rumbia, Publisher: Center for Macroeconomic Policy, Fiscal Policy Officem Ministry of Finance, ISBN: 978-602-17907-0-0, 2014
Ø  Regional Development, Natural Resources, and Public Goods in Indonesia during the Global Financial Crisis, The First editor with others, University of Indonesia Press, 2013.
Ø  An Efficient Method for Constructing Regional Input-Output Tables: The Fundamental Economic Structure Approach in Indonesia, Lambert Publishing House, Germany, 2011.
Ø  Understanding Sub-national Government Proliferation and Options for Reform, Publisher University of Indonesia Press, 2010, main author with Jorge Vasquez-Martinez with editor Tariq Niazi.

0 komentar:

Posting Komentar